Ikut Pelatihan, Belasan Siswi SMK 4 Yogyakarta Kesurupan di Sekolah – Nasional Terkini

0
7



Terkini.com – Belasan siswi di SMK Negeri 4 Yogyakarta kesurupan massal, Rabu (24/7) siang. Kesurupan ini terjadi saat para siswi kelas X sedang mengikuti pelatihan peleton inti (tonti) di ruangan aula SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Yogyakarta, Setyo Budi Sungkowo mengatakan, jika kesurupan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, para siswa kelas X sedang menonton video perjalanan tim Tonti SMK Negeri 4 Yogyakarta di aula.

“Ada sekitar 15 orang yang kesurupan, seluruhnya putri. Kesurupan terjadi setelah Salat Zuhur. Tadi siswa makan siang sambil melihat perjalanan tonti kakak kelas dengan melihat video. Di tengah-tengah melihat video tadi ada satu murid yang pingsan kemudian dibawa ke masjid, lalu menyusul murid lainnya yang tiba-tiba menangis dan histeris,” katanya di SMK Negeri 4 Yogyakarta, Rabu (24/7).

Dia menerangkan, acara tonti merupakan acara resmi yang diadakan oleh pihak sekolah. Acara tersebut diikuti oleh 576 orang siswa. Tujuannya, sambung Setyo untuk memilih calon anggota tonti SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Setyo mengungkapkan acara tonti digelar sejak hari Senin (22/7) hingga Rabu (24/7). Acara dimulai sejak pagi hingga sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurut Setyo sesaat usai kesurupan, para siswi sudah bisa kembali dinetralisir. Kebetulan, lanjut Setyo ada salah satu guru yang paham mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia supranatural.

“Alhamdulillah sudah terkondisi semua. Kondisi siswi yang kesurupan sudah membaik dan sudah dibawa pulang. Kegiatan tonti yang seharusnya selesai jam 16.00, jam 13.00 tadi kita hentikan. Pihak wali murid juga kita hubungi untuk menjemput anaknya,” urai Setyo.

Setyo merinci jika kesurupan bukan baru pertama kalinya terjadi. Sebelumnya saat tahun 2015, kejadian serupa pernah pula terjadi. Meskipun demikian, Setyo tidak mengetahui secara persis penyebab kesurupan yang menimpa siswinya. Hanya saja, Setyo menduga siswi kecapekan atau sedang banyak pikiran maupun sedang pikiran kosong sehingga kesurupan.

Setyo menambahkan usai kesurupan para siswi telah dipulangkan. Setyo pun menyebut jika memang kondisi kesehatan siswi yang kesurupan belum pulih maka sekolah memberi kompensasi untuk izin tak masuk kelas. [fik]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini