Ikan Dewa yang hampir punah bakal dibudidayakan di ibu kota baru – Ekonomi Terkini

0
16


Yang jelas, ini di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, karena kami tengarai di beberapa tempat ikan ini mulai punah

Purwokerto (-) – Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto menargetkan pelestarian Ikan Dewa di tiga pulau di Indonesia, yakni di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

“Kami akan kembangkan (Ikan Dewa) di Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sumatera, daerah-daerah yang punya ikan-ikan endemik,” kata Slamet di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin.

Ia menambahkan ibu kota baru Indonesia yang berlokasi di Kalimantan Timur, juga menjadi salah satu sasaran pemerintah untuk membudidayakan salah satu jenis ikan air tawar tersebut.

“Yang jelas, ini di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, karena kami tengarai di beberapa tempat ikan ini mulai punah. Jadi akan kami kendalikan dan upayakan pemulihan di perairan umum,” jelasnya.

Menurut Slamet, kelak pelestarian ikan, yang masih satu kerabat dengan ikan mas ini, tidak hanya bertujuan untuk menjaga ekosistem saja.

Peningkatan pendapatan serta daya saing masyarakat daerah di bidang ekonomi juga diharapkan bisa tercapai.

“Ikan ini bisa dibudidayakan dengan harga yang bagus. Harganya jutaan kalau kami lihat per kilo, jadi masyarakat perekonomiannya juga membaik dengan ada usaha seperti ini,” ujarnya.

Baca juga: Kata KKP, ikan Dewa di Jawa masuki masa punah

 

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini