Hari Tanpa Bayangan, Warga Solo Ramai-ramai Keluar Rumah – Nasional Terkini

0
8



Terkini.com – Fenomena hari tanpa bayangan dirasakan warga Kota Solo dan sekitarnya pada hari ini, Kamis (10/10). Bayangan pohon atau obyek lainnya tak terlihat sekitar pukul 12.05 WIB. Saat itu matahari berada persis di atas kepala manusia.

Sejumlah warga yang mengetahui fenomena tersebut sengaja keluar rumah. Mereka berdiri di pinggir jalan atau halaman kantor untuk melihat bayangan diri atau obyek lainnya.

“Saya kemarin baca informasi fenomena hari tanpa bayangan. Pingin membuktikan, dan ternyata benar, saya tidak melihat ada bayangan saya sendiri,” ujar Wibowo Nugroho, (45) warga Kartasura, Sukoharjo.

Wibowo yang bekerja di sekolah swasta tersebut mengaku baru kali ini merasakan fenomena alam hari tanpa bayangan tersebut. Ia merasa bersyukur atas kebesaran kekuasaan Tuhan tersebut.

Diberitakan Terkini.com sebelumnya, Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menyebut, Jepara menjadi kota pertama di Jawa Tengah yang mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Hari Tanpa Bayangan tahun ini berlangsung empat hari berturut-turut dengan hari dan waktu yang berbeda.

“Di Jepara sendiri, matahari akan berada persis di atas kepala manusia pukul 11:24.29 WIB pada tanggal 10 Oktober,” kata Setyoajie Prayoedhie saat dikonfirmasi, Selasa (8/10).

Sedangkan pada 11 Oktober, Hari Tanpa Bayangan muncul serentak di 15 daerah mulai Semarang, Blora, Pati hingga Brebes. Lalu tanggal 12 Oktober muncul di 8 daerah mulai Sragen, Salatiga, Ungaran, Purwokerto hingga Banjarnegara. Dan yang terakhir tanggal 13 Oktober muncul di jalur pantai selatan Jateng yakni Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Solo, Banyumas hingga Cilacap. [bal]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini