Formappi tak Yakin UU Terorisme Rampung Sebelum Le

0
7



Ketua Formappi Lucius Karis. (Foto: Siti Yona Hukmana).


Jakarta: Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus tidak yakin Rancangan Undang-Undang (RUU) Terorisme dapat disahkan menjadi UU sebelum Lebaran 2018. Sebab, menurutnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selalu mengumbar janji yang tak ditepati.

“Saya sangat ragu. Tidak kali ini saja janji-janji manis dari DPR maupun pemerintah untuk mempercepat proses pembahasan legislasi itu dikatakan,” kata Lucius di Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Mei 2018.



Komitmen DPR dinilai masih sangat rendah, terbukti dengan kelambatan parlemen menyelesaikan RUU Terorisme tersebut.

Selain itu, Lucius menilai janji DPR untuk menyelesaikan RUU itu sebelum lebaran hanya semata untuk menenangkan masyarakat. Meskipun demikian publik tidak mudah mempercayai janji-janji DPR tersebut.

“Kita tahu, banyak sekali masalah yang belum diakomodasi dalam UU ini (RUU Terorisme). RUU ini juga tidak mudah untuk dibicarakan. Apalagi dalam pembahasannya disangkutpautkan dengan politik,” ungkapnya.

Dengan ikutnya campur tangan politik dalam pembahasan RUU itu, peneliti Formappi ini semakin yakin pengesahan RUU Terorisme menjadi UU akan memakan waktu lama. 

“Pasti akan sangat panjang pembahasannya. Ada sejumlah fraksi yang memanfaatkan momentum ini,” ujarnya. 

Meskipun demikian, ia tetap berharap agar kerumitan ini cepat selesai. Ia juga mengharapkan DPR dan pemerintah bisa saling mendukung dalam pembahasan UU pemberantasan tindak pidana terorisme tersebut.

“Kita tetap berharap UU ini cepat selesai. DPR dan pemerintah kita lihat mereka juga memikirkan bahwa terorisme ini kasus-kasus yang perlu juga penanganan khusus. Selain itu, waktu mereka 100 persen juga dipakai untuk menuntaskan RUU ini dalam waktu dekat,” pungkasnya.

(JMS)








Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini