Ekonomi Indonesia Diklaim Tetap Positif di Tahun Pol…

0
7



Jakarta: Bank Commonwealth memprediksi kondisi politik di Tanah Air tidak terlalu memberikan dampak besar bagi kegiatan ekonomi. Walaupun ada, sentimennya sangat kecil dan tidak berdampak besar bagi perjalanan ekonomi Indonesia di sepanjang 2018 dan 2019.

“Kalau pun ada sentimen politik, itu dampaknya sangat kecil ke ekonomi. Makanya saya yakin, ekonomi Indonesia tetap stabil,” ucap ‎Head of Wealth Management & Retail Digital Business Bank Commonwealth Ivan Jaya‎, ditemui saat Market Outlook 2018 Bank Commonwealth, di Hotel Ritz Carlton Pacific, Place, Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.



Dia mengaku saat ini sedang terjadi perbaikan perekonomian yang didorong oleh pemulihan perdagangan global, aktivitas investasi, serta terjadi merata baik di negara maju maupun di negara berkembang.

Meski demikian kondisi perekonomian global masih diwarnai oleh ketegangan perdagangan dan geopolitik. Sehingga berpotensi memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. “Bukan hanya di luar, tapi ‎akan berpengaruh bagi ekonomi kita juga,” jelas Ivan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Ashmore Asset Management Arief Wana‎ menyebutkan, ekonomi yang relatif stabil di tahun ini dan tahun depan, ‎karena dibantu oleh ajang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Pada masa itu, konsumsi rumah tangga akan tumbuh.

“Jadi kalau ditanya apa dampak dari tahun politik ini kami melihat kuartal kedua dan paruh kedua 2018. Private consumption akan naik lebih tinggi, karena spending dari pemerintah, juga spending untuk Pilkada serentak,” ucap Arief.

Walaupun ada dukungan dari perayaan politik tersebut, sambung dia, kondisi ekonomi tetap tergantung terhadap kebijakan yang setiap dijalankan oleh pemerintah, khususnya menyikapi penyusutan rupiah maupun kenaikan harga minyak yang saat ini terus melambung tinggi. “Jadi, ini sangat bergantung kepada kebijakan pemerintah,” sebut Arief.

(AHL)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini