DPRD Kota Bandung dan KBB Didominasi Wajah Lama – Nasional Terkini

0
11



Terkini.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-2024. Mayoritas yang mengisi kursi wakil rakyat tersebut masih didominasi wajah lama.

Berdasarkan data dari rapat pleno, ada sembilan partai yang lolos dari total 16 partai peserta Pemilu. PKS menjadi partai pemenang dengan raihan 13 kursi. Raihan itu disusul oleh Gerindra dengan delapan kursi, PDIP tujuh kursi, Golkar enam kursi, NasDem lima kursi, Demokrat 5 kursi, PSI tiga kursi, PKB dua kursi dan PPP hanya meraih satu kursi.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Bandung Suharti usai rapat Pleno di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Senin (22/7). Dalam acara tersebut, hadir Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok.

“Dulu tahun 2014 ada partai Hanura yang dapat 6 kursi di DPRD Kota Bandung, sekarang tidak mendapatkan kursi, gantinya adalah PSI. Sebagian besar Caleg terpilih merupakan wajah lama. (Anggota DPRD) yang baru ada 14 orang atau sekitar 30 persen dari total sebanyak 50 kursi,” jelasnya.

Ia mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD Kota Bandung terpilih segera melengkapi berkas administrasi persyaratan, termasuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Paling lambat semua dokumen dikumpulkan lima hari setelah rapat pleno.

“Kalau ada keterlambatan, kami tunda pengusulannya kepada Gubernur Jabar. Tinggal 1 orang dari P3 yang belum menyerahkan LHKPN. Kalau surat kesehatan dan keterangan kepolisian semua belum menyerahkan,” ucapnya.

Rifqi Ali Mubarok menambahkan, bahwa angka partisipasi pemilih di Kota Bandung mengalami peningkatan. Penyelenggaraan pun dinilai berjalan baik dan tidak ada masalah yang berat.

“Penyelenggaraannya sangat baik, tidak ada sengketa. Partisipasi masyarakatnya juga meningkat 10 persen,” pungkasnya.

Sementara komposisi anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) didominasi wajah lama, dengan PKS sebagai penyandang partai peraih kursi terbanyak. Sementara di Kabupaten Bandung, pengisi kursi wakil rakyat banyak diisi oleh wajah baru.

Data dari KPU KBB, PKS meraih delapan kursi. Raihan suara itu disusul oleh PDIP dan Gerindra dengan masih-masing berhasil merebut tujuh kursi.

Lalu, Golkar, PKB, Demokrat dan PAN bisa melanggengkan lima orang kadernya menjadi anggota legislatif. Selain itu, partai NasDem menyusul dengan raihan empat kursi, PPP tiga kursi dan Perindo satu kursi.

Para partai peserta pemilu lainnya dinyatakan tidak lolos mengirimkan kadernya. Mereka adalah PSI, Partai Hanura), PBB, PKPI, Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Ketua KPU KBB Adie Saputro mengungkapkan, anggota legislatif di KBB didominasi oleh petahana. Pihaknya mengaku sudah menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan. Tahapan selanjutnya, yakni penyerahan SK pelantikan dan pengangkatan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Dari 50 anggota (legislatif) yang terpilih, 29 Caleg merupakan petahana, sisanya pendatang baru,” ujarnya saat dihubungi, Senin (22/7) malam.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2019-2024 sudah ditetapkan oleh KPU. Di daerah ini, dari total 55 kursi yang tersedia, 58 persen di antaranya merupakan pendatang baru, sisanya berstatus petahana.

“32 orang merupakan anggota baru. Sisanya, anggota periode lalu yang berhasil terpilih kembali,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya.

Dari jumlah itu, PKB merebut enam kursi, Gerindra; Golkar dan PDIP meraih tujuh kursi, Partai NasDem lima kursi. Sementara itu, PKS meraih 10 kursi. Sedangkan PAN berhasil meraih empat kursi, terkahir, Partai Demokrat meraih lima kursi. [cob]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini