Dirut Pertamina Sebaiknya Berasal dari Internal Perusahaan

0
10

Pertamina. (ANT/Andika Wahyu).
Jakarta: Pengamat Energi dari Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman menilai direktur utama PT Pertamina (Persero) harus berasal dari orang dalam perusahaan.

Hal itu dikatakannya lantaran Pertamina sebagai BUMN memiliki tugas yang sangat besar. Pertamina harus menjaga ketahanan energi nasional serta menyediakan BBM ke seluruh penjuru negeri dengan distribusi yang rumit.
Selain itu Pertamina sebagai agen pembangunan harus dapat menggerakan potensi sumber daya manusia untuk bekerja memajukan perusahaan dan mampu berkomunikasi dengan baik ke setiap stakeholder.
“Sebaiknya berasal dari Pertamina dan sudah teruji rekam jejaknya. Sehingga tidak perlu belajar lagi,” kata Yusri, Senin, 28 Mei 2018.
Yusri menyangsikan, seorang profesional yang memiliki kiprah baik jika dipilih menjadi dirut Pertamina belum tentu dapat menjadi nakhoda perusahaan pelat merah itu. Apalagi Pertamina saat ini menjadi holding BUMN migas.
“Jadi tidak menjamin adanya figur hebat dan punya prestasi di BUMN lain kemudian dia dipromosikan untuk jadi dirut Pertamina bisa hebat, tentu tidak. Karena budaya kerja di Pertamina tentu orang yang sudah lama merintis karirnya lebih paham seluk beluknya,” beber Yusri.
Seperti diketahui, nama calon direktur utama Pertamina sudah dilaporkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kepada Presiden Joko Widodo.
Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno pada Jumat pekan lalu menyebutkan calon nakhoda tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo saja.
“(Nama dirut Pertamina) sama Ibu (Plt Dirut Pertamina) sudah dilaporkan ke presiden,” kata Harry.(SAW/MetroTV)
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini