Di usia ke-10 tahun, ICDX lahirkan ekosistem perdagangan komoditas

0
10


Jakarta (ANTARA) – Menginjak usia ke-10 tahun, Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (I CDX) telah melahirkan ekosistem perdagangan berjangka dan komoditi di Indonesia.

“Perjalanan ICDX Group selama satu dasawarsa dalam industri perdagangan berjangka dan komoditi di Indonesia, telah melahirkan sebuah ekosistem untuk mewujudkan perdagangan yang dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia,” ujar Chief Strategy Officer of ICDX Megain Widjaja di Jakarta, Rabu.

Megain menjelaskan bahwa ekosistem ini memberikan fleksibilitas dan layanan yang lengkap serta membuka peluang perdagangan yang lebih luas, tercatat, dan transparan.

“Kami berharap para pelaku industri di Indonesia bisa mengakselerasi bisnisnya dengan lebih maksimal,” katanya.

Terbentuknya ekosistem perdagangan berjangka dan komoditi di Indonesia oleh ICDX, didorong oleh semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada setiap anggota bursa, yang kini telah beranggotakan 136 anggota.

Ekosistem perdagangan berjangka dan komoditi yang dibangun terdiri dari ICDX, Indonesia Clearing House (ICH) dan ICDX Logistik Berikat (ILB).

“Berbagai pencapaian dalam 10 tahun terakhir akan menjadi bara api yang menyalakan semangat kami untuk selalu berinovasi dalam membangun perekonomian Indonesia,” ujar Megain.

Dia juga menambahkan bahwa ke depannya ICDX akan terus menghadirkan produk yang semakin mudah diakses oleh berbagai pihak, termasuk anak-anak muda sehingga perekonomian Indonesia dapat menjadi semakin kuat dari berbagai sektor.

Sinergi yang kuat antar sektor juga berhasil membawa bursa komoditi Indonesia menguat di dunia internasional, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya negara asing yang melakukan perdagangan dengan Indonesia sebesar dua kali lipat.

Selain itu terjadi peningkatan yang signifikan terkait negara yang melakukan perdagangan melalui bursa yakni sebesar 86 persen, dari 14 negara menjadi 26 negara tujuan ekspor.

ICDX merupakan bursa komoditi dan derivatif yang berbasis di Indonesia yang didukung oleh para anggotanya yang terdiri dari pialang dan pedagang yang disetujui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan.

Anggota-anggota ICDX memfasilitasi layanan transaksi klien yang mencakup kontrak perdagangan berjangka komoditi ICDX.

Baca juga: Perdagangan Berjangka Komoditas diprediksi tumbuh di tahun politik

Baca juga: Pemahaman masyarakat tentang perdagangan berjangka makin tinggi

Baca juga: Perdagangan berjangka komoditi belum sesuai harapan

Upaya Kemendag Putus Mata Rantai Perdagangan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini