Deplu AS Setujui Penawaran Taiwan untuk Beli Peralatan Militer

0
8



Departemen Luar Negeri Amerika telah menyetujui permintaan Taiwan untuk membeli peralatan militer bernilai sekitar 2,2 miliar dolar.

Kesepakatan itu, yang diumumkan hari Senin (8/7) oleh Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan, Departemen Pertahanan, mencakup pembelian 108 tank Abrams M1A2T, 250 misil anti-pesawat Stinger dan lebih dari 1.500 misil anti-tank. Badan itu menyatakan paket tersebut tidak akan mengubah keseimbangan militer dasar di kawasan.

Pembelian itu kemungkinan besar akan membuat marah China, pesaing sengit Taiwan. Kedua pihak terpisah setelah perang saudara 1949, sewaktu pasukan Nasionalis pimpinan Chiang Kai-Shek disingkirkan dari daratan oleh pasukan Komunis pimpinan Mao Zedong dan berlindung di Taiwan.

Tetapi Beijing menganggap Taiwan yang berpemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya dan telah bertekad untuk menguasainya, bila perlu dengan kekerasan.

Amerika mengalihkan pengakuan diplomatiknya dari Taiwan ke China pada tahun 1979, tetapi presiden-presiden Amerika terikat oleh undang-undang untuk memasok senjata dan membela Taiwan.

Kesepakatan itu juga muncul di tengah-tengah sengketa perdagangan yang tengah berlangsung Terkini.com pemerintahan Trump dan Beijing. Kedua negara saling menerapkan tarif terhadap produk-produk pihak lain sejak tahun lalu. [uh/lt]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini