Demonstran Kepung Kediaman Gubernur Puerto Rico, Tuntut Mundur – Internasional Terkini

0
11



Gubernur Puerto Rico, Ricardo Rossello dikepung oleh para demonstran di benteng kolonial Spanyol yang berfungsi sebagai tempat tinggal resminya.

Pengendara sepeda motor, selebriti, penggemar kuda, dan ratusan ribu warga biasa Puerto Rico berkerumun di luar benteng ‘La Fortaleza’ di Old San Juan minggu ini, menuntut pengunduran diri Rossello. Gubernur itu dituntut mundur setelah ia menghina wanita, lawan-lawan politiknya, dan para korban badai Maria, dalam serangkaian obrolan online yang bocor.

Rossello, 40 tahun, yang selalu berpenampilan mempesona di televisi dan publik, adalah putra seorang mantan Gubernur. Namun, citranya di mata publik kini telah pudar dan masa depan politiknya dipertanyakan.

Dalam sebagian besar masa jabatannya selama dua setengah tahun, Rossello memberi tiga atau empat konferensi pers yang panjang dalam seminggu, dengan nyaman menjawab pertanyaan demi pertanyaan dalam bahasa Spanyol dan Inggris untuk pers lokal dan internasional. Dan itu adalah agenda di samping penampilannya di depan publik, wawancara tatap muka, dan pertemuan televisi dengan politisi tamu dan anggota pemerintahannya.

Tetapi sejak 11 Juli, Rossello mempersingkat liburan keluarga di Perancis dan kembali ke tanah air untuk menghadapi tanda-tanda pertama dari apa yang menjadi gerakan seluruh pulau untuk menggulingkannya.

Protes baru dimulai Jumat (19/7) sore, dengan pekerja yang menyelenggarakan pawai ke La Fortaleza dari tepi pantai terdekat. Penunggang kuda bergabung dengan mereka dengan pawai kavaleri yang dideklarasikan sendiri, sementara ratusan orang lainnya datang dari sekitar kota dan daerah sekitarnya.

Serangkaian demo kecil menjadi agenda di seluruh pulau selama akhir pekan, yang akan disusul dengan protes besar-besaran yang direncanakan hari Senin. (ps/pp)



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini