Darmin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 5,4% di Tahun …

0
13



Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution. ANT/Puspa Perwitasari.


Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di level 5,4 persen pada tahun ini. Hal tersebut terkait pernyataan  Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjelaskan pertumbuhan ekonomi akan ada di rentang 5,17 persen sampai 5,4 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan perhitungan angka tersebut masing menggunakan rata-rata batas atas dan batas bawah.



“Kalau kita melihat 5,4 persen itu masih realitas, saya yakin Menkeu juga seperti itu,” ujarnya di Gedung Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018.

Ia menilai ada banyak faktor yang dapat menaikan pertumbuhan ekonomi, salah satunya pemilihan kepala daerah yang serempak yang diadakan di beberapa ratus Kabupaten dan Provinsi.

“Kemudian ada Asian Games dan IMF-World Bank, masa itu enggak dihitung,” tambahnya.

Pemerintah sebelumnya melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengoreksi target pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok 5,4 persen diturunkan ke rentang 5,17 persen.

“Kami di internal melihat dalam range 5,17 persen sampai 5,4 persen. Ini full year. Kami akan lihat bagaimana dinamika di kuartal II,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 28 Mei 2018.

Pemerintah pun tetap menyiapkan skenario bila pertumbuhan ekonomi sesuai dengan proyeksi Bank Indonesia (BI) yang mentok di angka 5,2 persen. Skenario itu dihitung dari berbagai komponen pertumbuhan ekonomi di kuartal II dan III-2018.

(SAW)










Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini