Berkas Perkara Makar Mantan Kapolda Metro Belum Bisa Diserahkan ke Kejaksaan

0
7



Merdeka.com – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya belum bisa menyerahkan berkas perkara tersangka mantan Kapolda Metro Jaya Sofjan Jacob yang terjerat kasus dugaan makar. Alasannya, penyidik masih memerlukan pemeriksaan lanjutan. Namun kondisi Sofjan tidak memungkinkan.

“Untuk Bapak Sofjan Jacob kan kesehatannya belum membaik. Jadi, belum bisa kita selesaikan pemeriksaannya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (4/7).

Argo menuturkan, pelimpahan berkas ke Kejaksaan yang semula dijadwalkan bakal dilakukan pekan ini belum bisa dijalankan. “Untuk (pelimpahan) berkas perkara, belum bisa dilakukan,” ujar Argo.

Sofjan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar. Kasus ini merupakan pelimpahan Mabes Polri ke Polda Metro Jaya. Sofjan diduga ikut terlibat dalam permufakatan dalam upaya makar dan penyebaran berita bohong di Jalan Kertanegara pada 17 April.

Salah satu berita hoaks yang disebarkan Sofjan adalah dugaan kecurangan yang terjadi pada penyelenggaraan Pemilu 2019. Penetapan tersangka ini pun berdasarkan hasil dari penyidikan dan periksa saksi-saksi. Sofjan diduga ikut melakukan permufakatan jahat dan juga menyampaikan kabar dan pemberitaan yang belum dicek kebenarannya.

Sofyan disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Penyidik Polda Metro Jaya akan segera mengirim berkas tersangka Sofjan Jacob ke Kejaksaan pada pekan ini. Mantan Kapolda Metro Jaya itu terjerat kasus makar.

“Minggu ini kita kirim berkas, Jumat, kirim berkas ke Kejaksaan hari Jumat,” kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian di Mapolda Metro Jaya, Rabu (3/7).

Jerry menuturkan, penyidik tak akan melakukan pemanggilan kembali kepada Sofjan Jacob. Sebab, berkas sudah rampung dan segera dikirim ke Kejaksaan. “Enggak ada (pemanggilan). Sudah (selesai),” katanya. [noe]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini