Awak SAR Hungaria akan Angkat Kapal Turis dari Sungai Danube

0
7



Awak SAR di Budapest, Jumat (31/5) berupaya mengangkat kapal wisata dari dasar Sungai Danube, sambil mencari 21 orang yang masih belum ditemukan setelah sebuah kapal pesiar bertabrakan dengan kapal wisata yang lebih kecil itu, Rabu malam (29/5).

Tujuh orang dipastikan tewas dan tujuh lainnya diselamatkan. Semua, kecuali dua orang, di kapal itu adalah wisatawan Korea Selatan.

Televisi pemerintah Hungaria melaporkan bahwa semua orang yang diselamatkan telah keluar dari rumah sakit, kecuali satu orang yang dirawat karena mengalami patah tulang rusuknya.

Polisi Hungaria menahan kapten kapal pesiar Viking yang berkebangsaan Ukraina, yang diidentifikasi sebagai Yuriy C.

Polisi mengatakan ia dicurigai “membahayakan lalu lintas air yang menyebabkan kematian banyak orang.”

Para investigator menyatakan kapal Viking dan kapal wisata Mermaid berlayar bersisian di Danube di Budapest sewaktu kedua kapal itu tiba di pilar-pilar di bawah Jembatan Margit.

Mermaid muncul di depan kapal Viking yang menabrak kapal tersebut dan membuatnya terbalik. Polisi menyatakan Mermaid tenggelam dalam waktu tujuh detik, membuat para penumpang dan dua awak Hungaria hampir tidak punya waktu untuk menyelamatkan diri.

Para petugas SAR Hungaria mengatakan hujan lebat dan arus kuat Sungai Danube menghambat upaya penyelamatan mereka. Mereka memperluas pencarian mereka hingga ke wilayah Serbia.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengatakan kecelakaan tersebut “mengejutkan,” dan meminta pihak berwenang untuk melakukan investigasi menyeluruh terhadap kecelakaan itu.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah mengirim satu delegasi pejabat dan pakar Korea ke Budapest untuk memberikan bantuan. [uh]



Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini