Apindo: Jalan Tol Pontianak-Singkawang berdampak pada kemajuan daerah – Ekonomi Terkini

0
12


Kalbar memang sudah selayaknya memiliki jalan bebas hambatan atau tol

Pontianak (-) – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak, Kalbar, Andreas Acui Simanjaya mengatakan rencana pemerintah pusat membangun Jalan Tol Pontianak-Singkawang akan berdampak bagi kemajuan daerah yang dilintasi tol tersebut.

“Kalbar memang sudah selayaknya memiliki jalan bebas hambatan atau tol. Itu untuk mendukung kemajuan daerah,” ujarnya di Pontianak, Rabu.

Andreas menyebutkan perlu diperhatikan juga jalan turunan dari jalan tol tersebut yakni di Segedong, Sei Pinyuh, sekitar pantai dari areal Pantai Samudera, Bengkayang dan Pasir Panjang. Jika bisa, jalan tol tersebut dilanjutkan ke Sambas untuk tahapan selanjutnya.

“Dampak jalan tol nanti, jarak tempuh yang singkat memungkinkan banyak hal bisa lebih cepat dan efisien dilakukan, baik dari dunia bisnis maupun kegiatan masyarakat pada umumnya,” katanya.

Demikian juga bagi masyarakat yang akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta melalui Bandara Supadio dan sebaliknya.

“Sektor pariwisata akan dapat bantuan sebab waktu tempuh menjadi singkat. Dahulu, kalau mau ke Pantai Pasir Panjang persiapannya panjang. Habis waktu banyak di jalan,” katanya.

Tentunya, kata dia, harus disiapkan sektor penunjang pariwisata dengan penginapan dan kuliner khas yang harganya terjangkau dan berkualitas.

“Jadi, bukan mengejar bisa jual harga mahal, tapi kuantitas penjualan yang meningkat,” papar dia.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat  Sutarmidji telah membuka segmen untuk pembangunan jalan bebas hambatan kepada semua pihak, termasuk swasta untuk membangun jalan tol yang menghubungkan Pontianak-Mempawah dan Singkawang.

“Kita melakukan MoU dengan Art Tuhfah Ventures (Labuhan) Ltd untuk pelaksanaan pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, dan Kota Singkawang. Ini sebenarnya juga sudah masuk dalam perencanaan pembangunan nasional, dimana di Kalbar ada lima titik daerah yang akan dihubungkan melalui tol tersebut,” kata Sutarmidji usai melakukan MoU dengan Art Tuhfah Ventures (Labuhan) Ltd di Pontianak beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menteri PPN: Jalan tol Sumatera penggerak perekonomian masyarakat

Baca juga: BPJT sebut sembilan ruas jalan tol akan diresmikan tahun ini

Baca juga: Presiden pastikan tol Balikpapan-Samarinda selesai 85,7 persen

Pewarta: Dedi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © – 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini