Antre Sejak Subuh Demi Menukarkan Uang Lebaran

0
4



Jakarta: Sekitar ratusan orang mendatangi layanan penukaran uang kecil di Lapangan IRTI, Monas, pada Selasa, 22 Mei 2018. Sebagian dari mereka bahkan rela mengantre sejak Subuh.

Sulaiman, 45, salah satunya. Ia rela mengantre sejak Subuh. Usai sahur di rumahnya di Depok, ia langsung berangkat ke IRTI Monas untuk menukarkan uang. Padahal pelayanan baru dibuka pada pukul 09.00 WIB.



“Saya antre dari pagi supaya dapat nomor antrean awal,” kata Sulaiman, di Monas, Jakarta Pusat.

Sementara Nurdin, 40, rela datang dari Cengkareng, Jakarta Barat untuk menukarkan uangnya dengan pecahan yang lebih kecil. Uang itu nantinya akan ia bawa untuk mudik ke kampung halamannya.

“Namanya kita mudik, banyak anak-anak, senang dikasih uang baru,” ucapnya.

Nurdin mendengar kabar mengenai layanan penukaran uang ini dari temannya. Kebetulan siang itu, ia sekaligus melewati Monas dan menyempatkan mampir. Apalagi layanan yang dihadirkan di sini tidak dikenakan potongan biaya, seperti di bank. Ketika Nurdin tiba pun antrean sudah jauh berkurang dibanding pagi hari.

“Di sini malah lebih banyak pilihan banknya, jadi lebih enak. Sudah siang begini malah enggak antre. Kalau di bank pasti antre,” kata dia.

Salah satu petugas dari BNI, Ario menuturkan banyak warga telah mengantre bahkan sebelum layanan dibuka. Dalam satu hari, bisa lebih dari 50 warga yang datang menukarkan uang baru. Padahal tidak ada kuota maksimal yang ditetapkan oleh pihak bank.

“Dari Subuh sudah ada yang antre, mungkin karena di sini ada banyak pilihan bank dan lokasinya strategis jadi memilih ke sini,” tutur Ario.

Bank Indonesia bekerja sama dengan 13 bank untuk menghadirkan layanan penukaran uang. Khusus di IRTI Monas, layanan tersedia sejak Senin, 21 Mei 2018 hingga Jumat, 25 Mei 2018 pada pukul 09.00 hingga 14.00.

Warga hanya perlu membawa uang yang hendak ditukar dan kartu tanda penduduk (KTP). Pecahan uang yang tersedia yakni Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, dan Rp2.000. Setiap satu orang pemilik KTP hanya boleh menukarkan Rp3,7 juta per tiga hari. Layanan ini pun tidak dikenakan potongan biaya, alias gratis.

Prosedurnya pun tidak sulit, pengunjung hanya perlu mengambil nomor antrean ke petugas keamanan. Masing-masing bank pun menyediakan mesin ATM bagi pengunjung yang ingin mengambil uang tunai lebih dulu.

(AHL)





Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini