Angkot Mirip Oplet 'Si Doel' Ada Juga di Filipina

0
8



Manila – Berada di dalam kawasan yang sama yakni Asia Tenggara, rupanya Filipina dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Apalagi kalau berbicara soal kendaraan serta perliaku berkendaranya.

Angkutan umum misalnya, juga masih menjadi pilihan warna di bawah pimpinan presiden Rodrigo Duterte itu. Seperti bus, kereta api, hingga angkot mirip oplet Si Doel ada lho di Filipina.

Angkutan tersebut disapa Jeepney. Jeepney bukanlah angkutan sembarangan karena dulunya merupakan mobil Jeep yang disulap menjadi mobil bagi tentara Amerika Serikat. Saat tentara AS mulai meninggalkan Filipina pada akhir Perang Dunia II, Jeepney ini dihibahkan ke warga asli Filipina.

Jeepney memiliki bentuk yang panjang sehingga memuat banyak orang. Uniknya, warna Jeepney bervariasi nih Otolovers. Selain warnanya yang mencolok, Di kaca Jeepney juga tertulis kemana jurusan angkot mirip oplet Si Doel itu.

Berdasarkan pantauan detikOto saat berkunjung ke Filipina, Jeepney ini tak hanya ada di kota besar seperti Manila namun tersebar juga di daerah lain.

Mirip sopir angkot di Indonesia, Jeepney juga bisa berhenti di sembarang tempat dimana sang penumpang akan turun. Tarifnya pun bervariasi, paling murahnya hanya sekitar 8 Filipina Peso atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 1.800. Sementara mahalnya tarif Jeepney tergantung dari jaraknya. (dry/ddn)




Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini