Aktivitas Transaksi Keuangan Meningkat Saat Puasa? Bjb Digi Solusinya

0
6



Bandung: Seharusnya, saat ibadah puasa sekarang ini, masyarakat bisa mengirit pengeluaran. Sebab, kita dari pagi hingga sore puasa, alias tidak makan dan minum. Logikanya, alokasi uang jajan dan biaya makan selama bulan puasa lebih sedikit. 

Namun, yang terjadi di masyarakat Indonesia pada umumnya jauh berbeda. Selama bulan Ramadan, justru kebutuhan masyarakat semakin meningkat, aktivitas transaksi keuangan meningkat. Butuh tambahan pendapatan agar tidak jebol.

Belum lagi pengeluaran saat menyambut Hari Raya Lebaran yang harus diantisipasi. Selain butuh untuk menyediakan masakan istimewa, Anda juga harus siap-siap mengalokasikan dana THR untuk sanak keluarga. 

Perlu strategi khusus dalam mengelola keuangan saat Ramadan dan menyambut Lebaran. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda pakai.

1. Siapkan Budjet Khusus Berbuka

Biasanya undangan berbuka puasa saat Ramadan antre. Kalau gratisan sih tidak apa-apa, tetapi kalau berbayar, kamu harus selektif, jangan sampai berlebih. Siapkan dari awal, berapa persen atau berapa uang yang akan digunakan untuk berbuka puasa

2. Belanja tanpa Emosi

Godaan diskon jelang Lebaran pasti meningkat. Begitu juga godaan belanja makanan baik untuk berbuka sendiri maupun keluarga. Salah satu cara untuk mengurangi emosi belanja adalah dengan berangkat dengan daftar yang sudah dibuat, dan tidak dalam keadaan lapar.

3. Hitung Kebutuhan, Bukan Keinginan

Berbuka puasa di rumah bersama keluarga dengan menu sederhana justru akan lebih bermakna dan murah di kantong. Gadget baru juga belum tentu perlu Anda beli hanya karena kamu akan mudik ke kampung halaman.

4. Gunakan Fitur Transaksi Keuangan 

Salah satu tips untuk mengendalikan pengeluaran adalah memanfaatkan fasilitas perbankan. Jangan membawa banyak uang tunai saat berbelanja. Simpan uang tunai Anda di bank dan manfaatkan fasilitas dan fitur-fiturnya.

Apalagi perbankan saat ini  mempunyai banyak fitur transaksi keuangan untuk mendukung berbagai aktivitas transaksi.

Salah satu perbankan nasional yang bisa melayani seluruh kebutuhan transaksi nasabah adalah bank bjb. Bank bjb mempunyai produk unggulan berbasis teknologi yaitu bjb digi.  Senior Vice President Corporate Secretary Bank BJB, Hakim Putratama, bjb DIGI, sebuah aplikasi perbankan elektronik yang terintegrasi pada smartphone berbasis Android OS, BBOS, dan iOS. bjb DIGI sebenarnya adalah sebuah rebranding dari berbagai layanan yang sudah tersedia di Bank bjb sebelumnya. 

Maka dari itu, nasabah pun bisa merasakan berbagai keuntungan dengan mudah, cepat, aman, nyaman, dan hanya dengan sentuhan jari.

5. Sisihkan Dana Cadangan untuk Setelah Lebaran

Jangan lupa masih ada kehidupan normal setelah Lebaran. Apalagi yang sudah punya anak usia sekolah. Setelah Lebaran ada kebutuhan lain yang harus disiapkan. Anda harus menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk dana setelah Lebaran. Jangan sampai saat Anda pulang dari kumpul keluarga, malah kehabisan uang karena tidak punya persiapan. Anda bisa menyimpan uang ini di bank tempat Anda menabung dan mendisiplinkan diri untuk tidak menggunakan ATM-nya.



Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini