Akhir pekan IHSG bakal terus menguat seiring meredanya perang dagang

0
11


Sebelumnya saham AS pada Kamis ditutup menguat, hal ini akan menambah dukungan bagi indeks BEI ke teritorial positif

Jakarta (ANTARA) – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta pada Jumat pagi menguat, seiring meredanya perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

IHSG dibuka menguat 7,78 poin atau 0,12 persen ke posisi 6.343,48. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak naik 1,84 poin atau 0,18 persen menjadi 1.010,89..

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Jumat, mengatakan meredanya perang dagang Amerika Serikat dan China di tengah ketegangan geopolitik Timur Tengah, serta tantangan perekonomian Indonesia di tengah ancaman ketidakpastian perekonomian global, diperkirakan mampu untuk mengangkat IHSG ke zona positif hari ini.

“Sebelumnya saham AS pada Kamis ditutup menguat, hal ini akan menambah dukungan bagi indeks BEI ke teritorial positif,” ujar Alfiansyah.

Baca juga: Wall Street menguat di tengah data ekonomi AS dan keputusan The Fed

Dari eksternal, geopolitik Timur Tengah kian memanas setelah Iran mengatakan pada Kamis (20/6) telah menembak sebuah pesawat tak berawak atau drone milik Amerika Serikat.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat karena runtuhnya kesepakatan nuklir antara kedua negara tersebut  dan beberapa negara lainnya.

Amerika Serikat sebelumnya menuduh Iran menembakkan rudal ke drone lain pekan lalu setelah serangan terhadap dua kapal tanker minyak di dekat Teluk Oman.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran meningkat dapat mendorong kenaikan harga komoditas terutama harga minyak dunia. Baca juga: Harga minyak melonjak di atas 5 persen dipicu ketegangan Amerika-Iran

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei melemah 49,41 poin (0,23 persen) ke 21.413,45, Indeks Hang Seng melemah 61,05 poin atau 0,21 persen ke 28.489,38, dan indeks Straits Times menguat 3,51 poin (0,11 persen) ke posisi 3.318,02.

Baca juga: Bursa Saham Tokyo bervariasi karena penguatan yen dan Wall Street

Baca juga: Bursa saham Aussie menguat, Indeks ASX 200 dibuka naik 0,14 persen

 

Presiden Tutup IHSG Tertinggi Dalam Sejarah

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini