5 Perusahaan Game dengan Pendapatan di Atas USD 100 Miliar – Nasional Terkini

0
4


Terkini.com – Seiring bergantinya tahun, industri game semakin berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan pada tahun 2018, sebanyak 25 perusahaan game menyumbang pendapatan total sebesar USD 107,3 miliar atau setara dengan Rp 1.513,49 triliun.

Pendapatan ini naik sebesar 16 persen dari tahun sebelumnya. Ini menjadi kali pertama bagi industri game karena mampu melampaui 100 miliar USD. Melansir dari Newzoo, terdapat lima industri game terbesar yang menyumbang pendapatan terbesar.

Industri game Tencent tercatat menduduki peringkat pertama. Perusahaan ini menyumbang pendapatan sebesar 19,7 miliar USD atau setara dengan Rp 281 triliun. Industri ini menyumbang hampir 15 persen dari seluruh industri game.

©2019 newzoo.com

Pada 2018, Tencent mengalami kenaikan sebesar 9 persen berdasarkan dari Year on Year (YoY). Setelah Tencent, industri game Sony juga menduduki peringkat kedua dengan pendapatan sebesar 14,2 miliar USD atau setara dengan Rp 202 triliun.

Industri Sony mengalami kenaikan pendapatan yang cukup signifikan. Berdasarkan YoY, pendapatan Sony meningkat sebesar 41 persen.

Selanjutnya, peringkat ketiga disusul oleh perusahaan Microsoft. Pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan milik Bill Gates ini mencapai 9,8 miliar USD atau setara dengan Rp 139 triliun.

Perusahaan Microsoft juga mengalami kenaikan signifikan, yaitu 32 persen jika dilihat dari YoY. Pendapatan Microsoft di tahun 2017 sebesar 7,4 miliar USD atau setara dengan Rp 104 triliun.

Setelah Microsoft, perusahaan game selanjutnya yang memiliki pendapatan terbesar adalah Apple. Perusahaan ini tercatat memiliki pendapatan sebesar 9,5 miliar USD atau setara dengan Rp 135 triliun. Melihat dari YoY, Apple mengalami kenaikan sebesar 18 persen.

Kemudian, industri game yang menduduki posisi kelima adalah Activision Blizzard. Perusahaan ini memiliki pendapatan mencapai 6,9 miliar USD yang setara dengan Rp 98,1 triliun. Kenaikan yang dialami industri game dari tahun sebelumnya memang tidak signifikan. Berdasarkan dari YoY, perusahaan ini hanya mengalami kenaikan sebesar enam persen saja.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia [azz]





Source link

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini