5.000 Petani Hadiri Peresmian Peremajaan Sawit di Riau

0
28
Rokan Hilir: Sekitar 5.000 ribu petani sawit menghadiri peresmian peremajaan sawit di Rokan Hilir, Riau, hari ini, Rabu, 9 Mei 2018. Program ini merupakan yang ketiga yang dilakukan pemerintah.
Program peremajaan sawit ini disambut baik petani di Rokan Hilir. Salah satu petani, Rosi, mengaku terbantu dengan program pemerintah ini.
“Sangat (terbantu), karena kita kan petani kecil ya, bukan perusahaan. Mau tanam kembali modalnya harus besar,” kata Rosi saat berbincang dengan Medcom.id di lokasi, Rabu, 9 Mei 2018.
Ia mengungkapkan total biaya penanaman kembali untuk satu hektare sawit sekira Rp65 juta. Sementara, pemerintah memberi dana hibah Rp25 juta untuk tiap hektarenya.
Sisanya, petani melakukan kesepakatan permodalan dengan bank. “Daripada kita full (pembiayaan), ya lebih baik kalau ada bantuan pemerintah seperti ini,” kata Rosi.
Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan program peremajaan sawit rakyat ini. Ada 15.000 hektare lahan milik 5.000 petani swadaya yang bakal ditanam ulang.
Peresmian ini merupakan tahap ketiga setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan di September 2017 dan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada November 2017.
Target di 2018, program peremajaan sawit rakyat di Provinsi Riau bisa menyasar 25.423 hektare lahan yang tersebar di delapan Kabupaten. Seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Bengkalis.
Program peremajaan sawit rakyat ini merupakan program prioritas Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani kelapa sawit. (REN)
Sumber
- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini