4 Cara untuk Alami Menumbuhkan Rambut (untuk Rambut Kribo)

0
22


4 Metode:Beralih ke Rambut AlamiMencuci dan Melembapkan RambutMenata RambutMenjaga Kesehatan Rambut

Anda merindukan tampilan rambut yang alami? Atau memutuskan untuk memanjangkan rambut? Apa pun tujuannya, untuk menumbuhkan rambut alami, Anda harus menjaga kelembapan rambut dan melakukan perawatan secara teratur. Jika selama ini rambut Anda diluruskan dengan bahan kimia, putuskan apakah Anda akan membabat sebagian besar rambut atau memotong semua bagian rambut yang diluruskan, atau mengepang rambut atau mengadopsi gaya rambut lain untuk menyembunyikan kontras yang dramatis pada tekstur rambut. Bahkan jika hanya berniat menumbuhkan rambut alami, Anda harus memperhatikan cara melembapkan dan menata rambut untuk mencegah kerusakan dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

1

Beralih ke Rambut Alami

  1. 1

  2. 2

    Potong sebagian besar rambut. Cara termudah untuk beralih ke rambut alami adalah memotong semua bagian rambut yang telah diluruskan dengan bahan kimia. Langkah ini membantu menghindari perubahan tekstur yang tiba-tiba antara rambut yang diluruskan dan rambut alami yang baru tumbuh. Namun, memotong sebagian besar rambut berarti mengorbankan panjang rambut dan Anda harus berambut pendek untuk menghilangkan rambut yang diluruskan.[2]

    • Memotong rambut tepat di tempat peralihan antara rambut alami dan rambut yang diluruskan adalah cara transisi paling aman karena rambut cenderung patah jika Anda tidak memotongnya.
    • Tidak ada cara untuk membatalkan rambut yang sudah diluruskan dengan bahan kimia. Rambut yang baru tumbuh di dekat akar adalah tekstur alami rambut, sementara bagian rambut yang lain akan lurus secara permanen.
  3. 3

  4. 4

2

Mencuci dan Melembapkan Rambut

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

    Lakukan deep conditioning seminggu sekali. Deep conditioning sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut alami, terutama jika Anda beralih dari rambut yang diluruskan. Oleskan kondisioner yang diperkaya dan berbahan dasar air ketika rambut masih basah setelah dicuci dengan sampo. Bagi rambut menjadi beberapa bagian sehingga prosesnya lebih mudah dan oleskan kondisioner yang diperkaya secara merata dari akar hingga ujung rambut.[8]

    • Setelah melapisi rambut dengan kondisioner yang diperkaya, gunakan topi mandi untuk membungkus kepala selama sekitar 30 menit. Kemudian, lepas topi mandi dan bilas kondisioner dari rambut, sambil memberi perhatian khusus pada kulit kepala agar benar-benar bersih.
    • Agar kondisioner bekerja lebih baik, Anda bisa menghangatkan rambut dengan topi pemanas di salon.
    • Gunakan kondisioner yang diperkaya dengan minyak atau bahan yang mengandung butter, seperti minyak kelapa, minyak kastroli atau shea butter.
  5. 5

  6. 6

3

Menata Rambut

  1. 1

    Batasi penggunaan panas. Alat yang mengeluarkan panas seperti catok atau alat pengering dapat merusak rambut alami. Jadi, sebaiknya Anda membatasi penggunaannya atau menghentikannya sama sekali, terutama jika Anda mencoba beralih ke rambut alami. Rambut akan sangat rapuh jika Anda belum memotong bagian rambut yang diluruskan, padahal Anda ingin memberi awal yang sehat untuk rambut alami yang baru tumbuh.[11]

    • Jika Anda harus menggunakan panas, cobalah untuk mengurangi penggunaannya hingga 2-3 kali saja sebulan. Jangan lupa menyemprotkan produk pelindung panas pada rambut terlebih dahulu dan gunakan setelan panas paling rendah jika memungkinkan. Cobalah menggunakan catok keramik atau turmalin keramik untuk meminimalkan kerusakan rambut.[12]
  2. 2

  3. 3

  4. 4

    Tatalah rambut dengan gaya yang bersifat protektif. Disebut gaya protektif karena dapat mempertahankan rambut di tempatnya, mengurangi gesekan yang dapat merusak rambut, dan membutuhkan penanganan minimal sehingga memperkecil risiko rambut patah. Yang termasuk gaya protektif di antaranya, kepang, cornrow, ikatan bantu, dan puntir. Anda bisa mempertahankan gaya ini selama beberapa minggu sampai dua bulan sebelum melepasnya.

  5. 5

  6. 6

Tips

  • Menumbuhkan rambut alami membutuhkan kesabaran, terutama jika Anda dalam masa transisi. Cobalah bereksperimen dengan berbagai gaya rambut sampai Anda menemukan yang paling nyaman dan cocok.
  • Rambut tumbuh dengan kecepatan sekitar 1,25 cm per bulan, tetapi rambut kribo sangat keriting sehingga Anda mungkin merasa pertumbuhannya lebih lambat.
  • Minyak kelapa juga cocok untuk melembapkan dan menjaga kelembutan dan kesehatan rambut.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Sampo yang mengandung biotin jika memungkinkan
  • Kondisioner
  • Pelembab tanpa bilas
  • Krim atau minyak rambut
  • Sisir bergigi jarang
  • Sarung bantal sutra atau satin
  • Syal sutra atau satin


Info Artikel

Halaman ini telah diakses sebanyak 77 kali.

Apakah artikel ini akurat?


 



Sumber

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini